Penemuan Batu chrysopal dari sukabumi

Posted by

Selesainya sebelumnya mengulas batu Blue Opal Sukabumi, kali ini kita akan mengulas batu akik Chrysopal yang pula dari asal Sukabumi Jawa Barat. Jikalau batu Blue Opal didominasi dengan warna birunya, namun di Batu Chrysopal Sukabumi rona secara umum dikuasai di batu ini artinya warna hijau. Sekilas rona di batu Chrysopal Sukabumi seperti dengan Batu Bacan Doko serta Palamea. Tapi apabila dicermati secara teliti, akan tampak disparitas yg jelas antara warna di Batu Chrysopal Sukabumi, Ijo Garut, serta Batu Bacan Doko dan  Palamea. Maka tidak salah  Bila orang menyebutnya dengan bacan Sukabumi sebab rona yg sangat mirip dengan batu bacan.

batu chrysopal dari sukabumi

Chrysopal Sukabumi

pada rough Batu Chrysopal senang bumi mempunyai lapisan kulit luar bercampur kapur dengan warna putih kehijauan dan  menggunakan ketebalan sekitar 0,lima mm. Ad interim buat daging berwarna hijau tua segar dengan karakter serat yg padat berwarna hijau tua.
Batu Chrysopal Sukabumi ini memiliki kekerasan lebih kurang 6-7 pada skala mohs sesudah pada lakukan pengecekan pada laboratorium geomolog. Sebagai akibatnya batu ini cukup padat dan  tidak praktis retak.

Batu akik Chrysopal
banyak ditemukan pada wilayah Sukabumi, antara lain desa Cipanjur, serta Bojongsari. Menurut para penambang, batu Chrysopal yang baru didapat berasal penambangan, eksklusif direndam pada sebuah kolam hingga para pengepul juga pembeli tiba membeli batu ini.

Karakter pada batu akik Chrysopal sendiri berdasarkan penambang dan  para peneliti, terlihat ada beberapa karakter di warna batu Chrysopal ini, asal rona hijau tua pekat sampai hijau muda, terdapat yg telah tembus cahaya ada jua yang masih badar atau belum tembus cahaya. Batu ini jua bisa bermetamorfosis dari yang belum kristal menjadi kristal atau tembus cahaya. Rona di batu akan semakin indah  bila batu telah pada poles, serta tidak kalah indah  dengan batu-batu mulia lainya yg berwarna hijau.

Ketika ini batu akik Chrysopal Sukabumi memang telah diminati oleh para Hunter batu daerah Sukabumi juga luar wilayah Sukabumi. Hal ini tentunya akan mengangkat batu jenis Chrysopal Sukabumi menjadi salah  satu batu yg sebagai trend setter "The Light of Green", berkompetisi dengan batu-batu yang mempunyai rona hijau lainya. Karena sepintas, bila batu ini sudah di poles, akan tampak mirip batu Ijo Garut serta Batu Bacan Doko serta Palamea.




Demo Blog NJW V2 Updated at: 06.46

0 komentar:

Posting Komentar